Seputar Perkembangan Transportasi di Indonesia

Kamis, 12 Januari 2012 | comments (8)

Shimen TransTunggara atau prihatin boleh jadi ketika kita melihat betapa semrawutnya transportasi dikota-kota besar.Akan lebih Tunggara lagi ketika harus bela-belain diri menumpang kereta diatas gerbong karena takut kesiangan atau terlambat kerja.Mudah-mudahan segala bentuk keprihatinan kita akan transportasi di Indonesia sekarang ini akan sedikit berubah dengan resolusi 2012 yang katanya lagi digiatkan oleh pemerintah kita guna memberi pelayanan yang nyaman terhadap masyarakatnya.

Menyambung Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur,akan saya coba membahas seputar perkembangan Transportasi di Indonesia.Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.

Andong
Transportasi Darat
Pulau Jawa merupakan wilayah yang paling cepat beradaptasi,dengan perkembangan sebuah peradaban sejak abad ke-4 jalur perhubungan yang berkembang adalah jalur darat.Pada jaman dulu alat transportasi menggunakan tenaga binatang seperti kuda ,kerbau atau sapi.Kuda dipilih karena kekuatan dan kecepatannya,sementara kerbau hanya membantu mengangkat beban dengan jarak yang tidak terlalu jauh.Transportasi menggunakan binatang akhirnya berkembang menjadi delman,andong atau pedati.

OpletAlat transportasi modern yang ada di Indonesia saat itu hanya ada di Jakarta ketika masa pendudukan Belanda.Pada saat pemerintahan Belanda itulah di tahun 1873 dibangunlah jalur kereta api dengan rute Jakarta-Bogor.Sedangkan alat transportasi dalam kota mengunakan trem atau alat kendaraan yang digerakan oleh mesin uap.
Pada tahun 1960 an trem dihapuskan dan diganti oleh bis-bis besar.Untuk transportasi jarak dekat disediakan oplet,dan kendaraan beroda tiga seperti becak dan bemo.

Kapal Layar
Negara Indonesia adalah Negara kepulauan.Pada jaman peradaban sudah pasti alat transportasi lautnya adalah kapal laut dan perahu.Setiap daerah atau pantai di Indonesia memiliki kapal atau perahu tradisional yang memiliki bentuk,ornament khas,dan nama yang berbeda.Contohnya Pinisi dari Makasar,Lancar Kuning dari Riau,Gelati dari Bali, Sandeq dari Mandar,Sulawesi Barat.


RI-001Transportasi udara
Transportasi udara adalah sarana angkutan mahal tetapi cepat juga menghemat waktu.Pada tahun 1948 untuk transportasi udara ini, Presiden Soekarno membeli 2 pesawat DC-3 dari Singapura.Karena pembeliannya dibeli dari dana rakyat Aceh maka kedua pesawat itu dinamai RI-001 Seulawah Agam,dan RI-002 Seulawah Inong.
Demikian Seputar Perkembangan Transportasi di Indonesia,semoga ini ada manfaat untuk sahabat.
Happy Blogging.
Share this article :

8 comments:

  1. Dapat informasi perkembangan tranfortasi disini...lama juga gak update...hehe. yang jelas, semoga di tahun 2012 ini transfortasi udara makin murah. biar bisa jadi pengganti kapal kalo balik ke kawali dari Serui...hahaha.

    Btw..kalo lagi sibuk offline pasti update di Blogging on Mobile. Tapi jika tidak, berarti lagi ngantri karena blog lainnya di kejar target...hahaha...thanks and happy blogging

    BalasHapus
  2. posting pintar tentang transportasi indonesia dan yang membelakanginya. ini resolusi baik temtunya untuk perhubngan darat laut maupun udara.. happy blogging

    BalasHapus
  3. informasi yang sangat menarik nih sobat seputar transportasi di jakarta, walapun belum pernah ke jakarta, tapi setidaknya sy sudah sedikit tahu tentang transportasinya...

    thx yah atas informasinya sobat...

    BalasHapus
  4. bisa belajar tentang seluk beluk transportasi di sini mbak terima kasih

    BalasHapus
  5. sekarang sudah maju ya transportasinya :o

    BalasHapus
  6. kyanya lebih bagus transportasi jama dahulu ya. jaman sekarang klo di kereta di copet, di busway di leceh kan, di angkot di perkosa. wah jadi horor euy trasportasi terutama di jakarta.
    tapi nice artikel gan, jadi tau transportasi jaman dulu. tenkyu

    BalasHapus
  7. Maaf untuk kotak komentar memang untuk sementara waktu sengaja saya non aktifkan (saya msh ingin fokus dulu dlm menulis ^_^)

    untuk rating bintang-nya , setelah saya cek halaman sahabat disini,, ternyata sahabat sudah berhasil kok membuat rating bintangnya ^_^,

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Tanda kunjungan anda sah apabila ada tapak komentar di Form ini! Mohon untuk tidak menyampah,makasih tak terhingga atas kritik juga sarannya.

 
Copyright © 2012. Tunggara Blogs Privacy Policy
Support by Blogger
Created by : Creating Website
Tunggara Blogs - All Rights Reserved