Rumah Rumah Tradisional Yang Menjadi Khas Daerah

Jumat, 10 Februari 2012 | comments (12)

Rumah Rumah Tradisional Yang Menjadi Khas Daerah.Setelah mengenal Transportasi di Indonesia Tunggara Blogs mencoba membawa sahabat untuk melihat Rumah Tradisional yang menjadi ciri khas suatu daerah yang ada di dunia ataupun di Di jaman serba canggih dan era modern ini tak banyak orang mempertahankan budaya tradisionalnya,sehingga banyak yang lupa pada budaya leluhurnya.Saya yakin sudah banyak ulasan-ulasan tentang Rumah Tradisional ini,namun tak salah bila Tunggara Blogs mencoba untuk mengarsipkannya.Indonesia kaya akan budaya,setiap propinsi di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri termasuk bentuk rumah tradisionalnya,bahkan dibelahan dunia lain pun sama mempunyai bentuk rumah sebagai ciri khas daerah di negaranya.

1. Rumah Tradsional Sunda
Rumah Adat Sunda
Rumah gaya tradisional sunda biasanya berbentuk panggung yang memiliki kolong, terbuat dari jenis kayu yang memang banyak tumbuh di tanah pasundan seperti jati, suren, ki hujan dan jeungjing.Rumah tradisional Sunda mempunyai berbagai macam bentuk atap, di antaranya jolopong yang memiliki dua bidang atap berbentuk sama,jenis ini paling banyak dipakai oleh masyarakat sunda.

2.Rumah Tradisional Masyarakat Adat Toraja
Tongkonan
Tongkonan adalah rumah khas masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan Indonesia,Tongkonan digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan mayat.Tongkonan berasal dari kata Tongkon yang kalau kita artikan kedalam bahasa Indonesia berarti duduk bersama-sama.Tongkonan dibagi berdasarkan tingkatan atau peran dalam masyarakat.Didepan Tongkonan terdapat lumbung padi yang disebut Ala,didepan bagian lumbung terdapat berbagai ukiran antara lain bergambar ayam dan matahari yang melambangkan atau simbol untuk menyelesaikan perkara.

3. Rumah Tradisional Hut Fiji
Hut Fiji
Hut Fiji,pondok indah indah ini terletak didataran tinggi Nausori dipendalaman pulau utama Viti Fiji dari Levu.Salah satu desa yang paling indah didaerah ini adalah Navala.Rat-rata pribumi Fiji menempati rumah Hut Fiji ini,dan ini bagi mereka adalah salah satu tempat terakhir di bumi di mana orang hidup tak tersentuh oleh dunia modern dan itu adalah sesuatu yang mempesona untuk para wisatawan.Dataran tinggi Nausori adalah tempat yang tepat untuk belajar budaya tentang Fiji.

4. Rumah Tradisional Xinle China
Xinle
Rumah tradisional ini didesain saat peradaban Xinle yang berkembang di China 7200 tahun lalu selama periode neolitik di Sungai Liao rendah. Xinle dengan penampilan eksternal yang unik dari arsitektur Xinle neolitik,bentuk bangunan yang berukuran besar sekitar 120 meter persegi,sedangkan menengah sekitar 40-60 meter persegi,struktur hunian yang sempurna dari jaman batu yang digunakan orang 7200 tahun yang lalu.Xinle memberikan kesan rasa otentik bagi wisatawan,sehingga ini dianggap sebagai pemukiman Neolitik yang menjadi ciri khas rumah tradisional daerah Xinle.

5. Rumah Tradisional Naga Hut India
Naga Hut
Rumah Tradisonal Naga Hut di India ini adalah tempat tinggal Angami Naga,terletak di desa Naga Heritage Nagaland.Nagaland adalah sebuah negara bagian bukit yang berada dinegara timur India

6. Yoshinogari Dwellings jepang
Yoshinogari Dwellings Jepang
Yoshinogari Dwellings Jepang Ini adalah desain unik rumah-rumah tempat tinggal direkonstruksi di Yoshinogari,yaitu Yayoi besar dan kompleks arkeologi di Kyushu,Jepang.Hal ini diyakini bahwa rumah seperti itu sudah ada dari abad ke-3 SM sampai abad ke-3.Lingkungan yang komplek dan besar memiliki luas sekitar 40 hektar,rumah ini merupakan daya tarik wisata.
Share this article :

12 comments:

  1. satu nusa satu bangsa teh betul ,..berbagai macam budaya adat dan tradisi,..memang hebat indonesiaku

    nice share teh

    happy nundutan

    BalasHapus
  2. setuju, 10 tahun terakhir dicilembu pun rumah panggung sudah hampir punah diganti dengan rumah modern, orang desa mulai beranggapan bahwa mempertahankan rumah panggung berkesan ekonominya ngga maju..walah sulitlah menahan pola pikir demikian, rumahku panggung loh.

    BalasHapus
  3. Paling terasa nyaman dan adem kayaknya rumah tradisional sunda..nuansanya kerasa beda dan asri..Nice share and happy blogging

    BalasHapus
  4. Jelas rumah adat tradisional Indonesia kita gak kalah unik teh .. termasuk Rumah adat sunda dan toraja itu ..
    I lop yu pull Indonesia ...
    hha

    BalasHapus
  5. Makasih banyak tuk info Rumah Tradisionalnya,jadi tahu sekarang.Salam kenal,salam sukses selalu.

    BalasHapus
  6. @corolla78
    Yup Kang,kita hanya perlu mengolah saja.Bloggingna wengi teuing Kang,hihi.
    Nuhun,salam.

    @Cilembu thea
    Itulah budaya kita yang sudah hilang Gan,orang malu punya rumah panggung,padahal kalau lihat dari segi keamanan,rumah panggung aman dari gempa.Sami di kampung abdi ge KAng,nuhun,hepi bogging aja.

    @Iskaruji dot com
    Yup,boleh kekampungku sop,tuk nyoba keasriannya.Kita mancing di rumah panggung ane ditengah kolam,hehe.
    Makasih kawan,happy blogging too.

    @EYSurbakti
    Benar Gan,masih banyak rumah tradisional Indonesia yang menarik yang tidak saya muat di post ini karena keterbatasan tempat,hihi.
    Mari kita cintai tradisi Indonesia.
    Makasih kawan,happy blogging.

    BalasHapus
  7. @Eva Wangi
    Komentarmu masuk sterilisasi kawan tapi saya lepas hihi.
    Senang bisa berbagi,salam kembali and happy blogging.

    BalasHapus
  8. aku suka yang jepang. . . . keren kayaknya. . .

    BalasHapus
  9. mbak, template nya bagus banget downloadnya dimana yak. . .

    BalasHapus
  10. @Susu Segar
    Hehe,sama sop,kanya hangat banget ya,hihi.
    Link template yang saya pake ada dibawah sop,lihat di fotter ada "CoolBlogger TemplateS",klik saja langsung.
    Makasih kawan,happy blogging.

    BalasHapus
  11. Nice info. Kalo mau digali...sepanjang jamrud khatulistiwa kita punya berpuluh rumah adat. Keren, berbasis alam, nyaman, dan sarat makna.

    BalasHapus

Tanda kunjungan anda sah apabila ada tapak komentar di Form ini! Mohon untuk tidak menyampah,makasih tak terhingga atas kritik juga sarannya.

 
Copyright © 2012. Tunggara Blogs Privacy Policy
Support by Blogger
Created by : Creating Website
Tunggara Blogs - All Rights Reserved