Mencegah Demam Berdarah

Minggu, 17 Juni 2012 | comments (4)

Demam Berdarah
Mencegah Demam Berdarah - Mencegah Merebaknya Demam Berdarah - Kita bercerita dulu sop ya, satu sore sekitar 5 tahun kebelakang Ade namanya, anak ini sekolah di satu Sekolah Menengah Atas kelas XII. Sore hari sepulang sekolah mampir kerumahku, ngambil PC yang di instal ulang ditempat kerjaku.

Pagi harinya sekitar jam 11.00 WIB kakanya menelpon saya sambil menangis: "Ras(panggilan akrabku di darat), andai si Ade punya sangkut-paut, hutang atau apapun yang menyangkut tentang dirinya mohon untuk dimaafkan."
Saya heran karena tak ada masalah sedikit pun dengannya, dan balik bertanya; "Memang ada apa dengan si Ade?"
Kakaknya tetap terisak sambil menjawab;"Si Ade sekitar jam 10 tadi pagi meninggal dunia karena terserang Demam Berdarah."

Itulah sekilas cerita nyata dari kejamnya Nyamuk bernama Aedes Aegypti. Nyamuk Aedes Aegypti menyerang siapa saja tanpa terkecuali, biasanya nyamuk ini beroperasi pada siang hari. Bintik-bintik putih pada badan atau kakinya membuat nyamuk ini mudah dikenal oleh orang awam. Nyamuk Aedes Aegypti ini cenderung akan menggigit di ruang terbuka. Puncak serangannya pada manusia adalah setelah matahari terbit dan menjelang matahari terbenam.

Berbeda dengan nyamuk pada umunya yang menyukai air kotor, Aides Aegypti justru menyukai air bersih dan tenang. Dia tidak menyukai air yang mengalir, karena air yang mengalir menyebabkan larvanya mati. Beberapa tempat yang harus diwaspadai akan menjadi sarang nyamuk ini adalah penampungan air, kaleng bekas, pot-pot kosong, dan lain sebagainya.

Demam Berdarah sebenarnya disebabkan oleh Virus yang dibawa nyamuk Aedes Agegypti ini, karena itu sang nyamuk disebut sebagai vektor(perantara). Pengendaliannya bisa dilakukan dengan seara fisik, yaitu pengendalian yang memberikan perhatian khusus pada tempat-tempat yang kemungkinan akan dijadikan sarangnya. Kedua, pengendalian secara kimia. Yaitu pengendalian dengan penyemprotan atau pengasapan.

Nach.., agar Demam Berdarah atau nyamuk Aedes Aegypti ini enggan datang, maka hidup sehatlah dari rumah yang sehat. Semoga ulasan sekilas tentang Demam Berdarah ini bisa membawa manfaat untuk kita semua,amin.
Share this article :

4 comments:

  1. @Isnan Nugrah Lastiko Tiko
    Apanya yang luar biasa sop?

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu di google, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



    #Semoga sehat selalu :D

    BalasHapus
  3. @Darmawan Saputra
    Jangan berlebihan sop, saya hanya sebatas belajar dan menyimpannya di blog jelek ini. Hapan selalu yang diusung,ada manfaat untuk orang lain.
    Makasih pujiannya,barokalloh,amin.
    Thanks ya,happy blogging ajah.

    BalasHapus
  4. Hatur nuhun artikelna Teh,,,
    Alhamdulillah kulawargi teu aya nukaserang waktu tempo lalu sempat menyerang beberapa keluarga di tempat tinggal sayah....

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus

Tanda kunjungan anda sah apabila ada tapak komentar di Form ini! Mohon untuk tidak menyampah,makasih tak terhingga atas kritik juga sarannya.

 
Copyright © 2012. Tunggara Blogs Privacy Policy
Support by Blogger
Created by : Creating Website
Tunggara Blogs - All Rights Reserved